F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Chia Seed Mexico Ancient Super Food of The Aztec 350 Gram

gambar gambar
Rp.55.000,- Rp.50.000,- NO STOK

Apa itu chia seed?

Chia seed adalah bijian-bijian kecil dari tanaman Salvia hispanica, salah satu jenis tanaman mint. Warna chia seed bervariasi dari hitam, abu-abu, maupun hitam dengan bercak-bercak putih. Bentuknya oval dengan ukuran sekitar 1-2mm. Chia seed berasal dari daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kata chia sendiri pun berasal dari bahasa suku Maya yang artinya kekuatan.

Chia seed cukup banyak menjadi bahan perbincangan di kalangan pecinta makanan organik. Kecil, namun konon memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, apalagi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Pada awalnya, budidaya chia sebagai bahan pangan pokok hanya dilakukan oleh suku-suku di Mexico dan Guatemala, tetapi saat ini budidaya chia tidak terbatas di Amerika saja, melainkan sudah berkembang hingga Australia dan Asia Tenggara. Di Indonesia, chia seed bisa Anda dapatkan di supermarket maupun toko-toko khusus yang menjual bahan makanan sehat. Sediaannya pun bermacam-macam, ada yang masih berupa biji-bijian utuh ataupun berupa produk komersil lainnya seperti sereal, makanan ringan, dll.

Apa saja kandungan dan manfaat chia seed?

Chia seed mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti asam lemak omega 3, serat, antioksidan, dan mineral. Dalam 1 porsi chia seed (sekitar 30g) terkandung 138 kalori, 9 gram lemak (sebagian besar berupa lemak tidak jenuh – lemak sehat), 10 gram serat, dan 6 gram protein. Kelebihan chia seed lainnya yaitu tidak mengandung gluten dan kaya akan antioksidan.

Manfaat asam lemak omega 3 bagi tubuh antara lain:

  • Menurunkan trigliserid dan kolesterol yang kemudian dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung
  • Membantu tubuh mengatasi radang
  • Kardioprotektif (melindungi jantung) dan hepatoprotektif (melindungi liver)
  • Membantu tubuh mengatasi diabetes
  • Melindungi tubuh dari kondisi radang persendian, auto immune disease, dan kanker.
  • Kandungan serat dan asam lemak omega 3 dalam chia seed sangat tinggi. Menurut penelitian, serat dan asam lemak omega 3 ini membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Mekanisme masing-masing manfaat asam lemak omega 3 tersebut di atas masih perlu diteliti lebih lanjut.


Beberapa media mengklaim bahwa konsumsi chia seed juga bermanfaat untuk menahan rasa lapar, menyeimbangkan gula darah, memperbaiki kondisi jantung, menurunkan kolesterol, trigislerida, tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan. Sayangnya belum ada laporan ilmiah yang mendukung keterkaitan antara konsumsi chia seed dengan manfaat penurunan berat badan. Pada penelitian yang dilakukan oleh Nieman dkk, disimpulkan bahwa konsumsi chia seed sebanyak 50g/ hari setiap hari selama 12 minggu tidak ada pengaruhnya pada massa tubuh, komposisi tubuh, atau faktor-faktor risiko penyakit pada pria/wanita yang berberat badan lebih atau obesitas.

Bagaimana cara menggunakan chia seed?

Chia seed dapat langsung dimakan mentah atau dicampurkan ke dalam masakan. Rasa chia seed mirip seperti rasa kacang dan cenderung hambar digunakan baik dalam masakan manis maupun masakan gurih. Chia seed dapat ditaburkan pada sereal, salad, atau nasi. Chia seed juga dapat ditambahkan pada smoothies, yoghurt, maupun puding. Saat dicampur dengan cairan, chia seed akan mengembang dan berubah teksturnya menjadi seperti jeli dan akan akan lebih mengembang lagi setelah chia seed berada di dalam perut. Ditambah dengan kandungan serat tak larutnya, chia seed dapat membuat orang yang mengonsumsinya dapat merasakan kenyang lebih lama. Dan inilah salah satunya yang membantu menurunkan berat badan.

Bagi Anda yang vegetarian atau alergi telur, chia seed juga dapat digunakan sebagai pengganti telur pada saat membuat adonan kue. Caranya campurkan 1 sdt chia seed dengan 2 sdm air. Satu sdm campuran chia seed tersebut dapat menggantikan 1 butir telur. Bagi Anda yang memiliki alergi gluten, chia seed dapat dikonsumsi karena chia seed tidak mengandung gluten.

Guna mendapatkan manfaat chia seed dengan maksimal, Anda perlu mengolahnya dengan baik. Dari satu kasus pada seorang penderita gangguan menelan makanan, chia seed yang dikonsumsi kering dapat menyebabkan sumbatan pada kerongkongan, karena sifatnya yang mudah menyerap air di sekitarnya. Chia seed dapat mengembang hingga 27 kali lebih besar dari ukuran awalnya. Maka disarankan chia seed ditelan bersama makanan atau cairan lain. Tidak hanya itu, chia seed juga disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh anak kecil.

Jika Anda tertarik untuk menikmati chia seed sebagai menu harian, Anda bisa mengolahnya dengan beragam cara. Mulai dari menjadikannya salah satu bahan membuat campuran puding, kue atau roti, ataupun selai.

Kandungan beragam nutrisi yang ada di dalam chia seed memang bisa membuat seseorang jatuh hati. Meski masih memerlukan lebih banyak lagi penelitian mengenai manfaat chia seed bagi kesehatan, tidak ada salahnya memasukkan chia seed ke dalam menu harian Anda. Namun ingat untuk mengolahnya dengan benar, agar khasiatnya bisa didapatkan secara maksimal.

Berapa banyak chia seed yang boleh kita konsumsi dalam sehari?

Dosis konsumsi chia seed dipengaruhi usia dan kondisi kesehatan yang ada. Saat ini belum ada informasi ilmiah yang dapat dijadikan pedoman pasti range jumlah chia seed yang boleh dikonsumsi. Pada tahun 2000, the US Dietary Guidelines merekomendasikan penggunaan chia seed perhari tidak boleh melebihi 48g/hari. The European Commission mengizinkan penggunaan chia seed pada produk-produk roti maksimal sebanyak 5%.

Bagaimana cara menyimpan chia seed?

Karena kandungan antioksidan yang tinggi, chia seed tidak mudah rusak, aman untuk disimpan sampai beberapa bulan di tempat yang kering dan dingin.

Info pemesanan dan grosir

Silahkan hub: Agen Chia Seed Ancient Super Food of The Aztec 350 Gram Area Padang Sumatera Barat

Toko Syukma Herbal (Syukma Groups)
Jl Raya Air Dingin No.17 ( depan Villa Berlian Asri) Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah, Lubuk Minturun, Padang, Sumatera Barat

See on maps:
Posting Komentar

Posting Komentar

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+