F0GAxlSUN0OEmaFkMbnca2nyh81gHBssC6AV9hGe
Bookmark

Buah Tin Ara Dried Fiqs Serta Manfaatnya

Buah Tin Ara Dried Fiqs Serta Manfaatnya

Buah tin atau Ara dalam bahasa Inggris disebut fig (Ficus carica L.) sangat istimewa, karenanya dijuluki sebagai "buah surga". Bukan tanpa alasan, buah ini disebut jelas dalam kitab suci Al-Quran, juga dalam hadist nabi. Di sisi ilmiah pun buah ini terbukti memiliki berbagai manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh.

Buah tin dapat dimakan segar, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yang dipetik harus segera dimanfaatkan karena tidak dapat disimpan lama (mudah rusak)

Khasiat dan manfaat buah tin diantaranya mengobati disfungsi seksual, sembelit, gangguan pencernaan, diabetes, batuk, bronkitis, asma, mencegah kanker, dan lain-lain. Buah yang juga dikenal sebagai buah ara ini digunakan pula sebagai ramuan sehat penambah berat badan dan mempercepat pemulihan setelah sakit.

Dibalik manfaat buah tin yang luar biasa, ada sejumlah zat gizi yang terkandung didalamnya berupa gula alami, mineral, vitamin, dan serat. Mineralnya terdiri dari kalsium, zat besi, fosfor, mangan, natrium, kalium, dan lain-lain. Sedangkan untuk kandungan vitaminnya dilengkapi dengan vitamin A, B1, B2, B6, B9, C, E, K, dan lainnya.

Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan Tubuh


1. Mencegah dan mengatasi sembelit

Ada 5 gram serat dalam setiap tiga porsi buah tin. Konsentrasi serat yang tinggi membantu mempromosikan fungsi usus yang sehat dan teratur serta mencegah konstipasi atau sembelit.

Serat bekerja dengan cara menambah massa pada feses sehingga memudahkannya untuk bergerak di dalam usus. Jadi, tidak hanya mencegah sembelit, tetapi buah tin juga menghilangkan diare dan buang air besar yang tidak sehat dan tidak teratur.

2. Menurunkan berat badan

Khasiat buah tin yang satu ini juga tidak terlepas dari peran serat. Selain melancarkan BAB, serat juga menurunkan penyerapan lemak di dalam saluran cerna. Tak heran jika buah ini direkomendasikan untuk orang gemuk.

Namun, jumlah kalori yang tinggi juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, terutama ketika dikonsumsi dengan susu. Jadi jangan makan buah tin terlalu banyak kalau tujuannya untuk menurunkan berat badan.

3. Menurunkan dan Menjaga Kadar Kolesterol Normal

Buah tin mengandung pektin, yang merupakan serat larut. Ketika serat ini ada di saluran pencernaan, maka ia akan menggumpalkan kolesterol dan membawanya ke sistem pembuangan untuk dikeluarkan dari tubuh.

4. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Buah ara kering mengandung fenol, omega-3, dan asam lemak omega-6. Asam lemak ini mengurangi risiko penyakit jantung koroner . Selain itu, daunnya juga memiliki efek penghambatan pada trigliserida, sehingga jumlah keseluruhannya menurun. Trigliserida adalah faktor utama lain di balik berbagai penyakit jantung.

5. Mencegah Hipertensi

Kebanyakan orang tak sadar bahwa dirinya telah mengonsumsi sodium tinggi saat mengonsumsi makanan asin (kaya garam). Padahal makanan tinggi sodium dan rendah kalium dapat menyebabkan hipertensi.

Berbeda dengan buah tin, kandungan kaliumnya dan sodiumnya rendah, sehingga akan menyehatkan jantung dan pembuluh darah tanpa menyebabkan darah tinggi.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan menjaga kadar trigliserida dan kolesterol, serta menyetabilkan tekanan darah, maka buah tin bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Juga, antioksidan fenolik dalam buah tin mampu menyingkirkan radikal bebas yang bersifat merusak jantung dan pembuluh darah.

Tidak hanya bentuknya yang mirip jantung, tetapi manfaat buah tin juga baik untuk jantung

7. Mencegah Kanker Colon

Salah satu faktor risiko terbesar terjadinya kanker usus besar (colon) adalah radikal bebas dan zat karsinogen dalam feses yang tak kunjung dikeluarkan. Kehadiran serat dalam buah tin membantu merangsang pembuangan radikal bebas dan zat-zat penyebab kanker lainnya, khususnya di usus besar, karena serat melancarkan buang air besar.

8. Mencegah Kanker Payudara

Kandungan serat buah tin telah dikenal dapat melindungi tubuh terhadap kanker payudara. Pasalnya serat dapat membantu pertahanan tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Apalagi pada tubuh wanita di usia menopause, keseimbangan hormon sering berfluktuasi. Hormon-hormon ini mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, yang pada gilirannya mempengaruhi kemampuan antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Buah Tin Ara Dried Fiqs Serta Manfaatnya

9. Mengontrol Diabetes

The American Diabetes Association merekomendasikan buah tin sebagai makanan berserat tinggi yang membantu mengendalikan kadar gula darah pada penyakit diabetes. Manfaat buah tin yang satu ini diperantarai oleh kandungan potasium dan magnesium, yang membantu mengatur pelepasan insulin sehingga jumlah gula dalam darah dapat dikendalikan.

10. Menguatkan Tulang

Manfaat buah tin yang satu ini diperantarai oleh kandungan kalsium, kalium, dan magnesium, yang semuanya membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan serta wanita menopause sangat dianjurkan mengonsumsi buah ini.

11. Meredakan Nyeri Tenggorokan

Kandungan lendir yang tinggi pada buah tin membantu menyembuhkan dan melindungi sakit tenggorokan. Sifat buah ara yang menenangkan ini juga dapat menghilangkan rasa sakit dan stres pada pita suara.

Amandel pun dapat diatasi, baca: Cara Menyembuhkan Amandel dengan Buah, 100% Alami

12. Mengobati Anemia

Salah satu penyebab anemia tersering adalah kekurangan zat besi. Buah ara kering mengandung zat besi tinggi yang merupakan komponen kunci pembentukan hemoglobin (Hb).

Anak-anak yang sedang tumbuh, remaja, wanita menstruasi dan wanita hamil lebih berisiko mengalami anemia defisiensi besi apabila asupan zat besinya kurang. Oleh sebab itu, mereka tentu sangat dianjurkan mengonsumsi buah ini.

13. Meningkatkan Stamina Seksual

Buah tin dianggap sebagai buah kesuburan dan suplemen seksual yang hebat. Bukan tanpa alasan, karena buah ini kaya akan kalsium, zat besi, kalium, dan seng. Juga kaya akan magnesium serta mineral penting yang dibutuhkan untuk menghasilkan hormon seks; androgen dan estrogen.

14. Mencegah Degenerasi Makula

Buah tin dapat membantu mencegah degenerasi makula, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang tua. Manfaat ini diperantarai oleh kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A adalah antioksidan yang meningkatkan kesehatan mata karena mampu melindungi mata dari radikal bebas dan mencegah kerusakan retina.

15. Meningkatkan Kesehatan Hati (Liver)

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak yang dibuat dari daun pohon tin menunjukkan aktivitas hepatoprotektif pada tikus, membuka jalan bagi penggunaannya dalam mencegah kerusakan hati pada manusia. Adapaun manfaat buah tin untuk hati masih belum ada pembuktiannya.

17. Mengatasi Insomnia

Diet seimbang sangat penting untuk tidur yang nyenyak. Termasuk menyertakan buah tin dalam diet harian. Kandungan tryptophan di dalamnya dapat membantu tubuh membuat melatonin, si hormon tidur. Ditambah lagi kandungan magnesium yang membantu meredakan stres yang umumnya menjadi penyebab insomnia.

18. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah tin sangat baik untuk menunjang sistem kekebalan tubuh yang kuat dengan memenuhi kebutuhan kalium, mangan, dan berbagai antioksidan. Ketika sistem imun kuat, maka ancaman infeksi bakteri, virus, dan cacing dapat ditangkal.

Setidaknya itulah manfaat buah tin yang berhasil kami himpun, tentu masih banyak manfaat lainnya. Anda pun tidak akan mengetahuinya tanpa membutikannya sendiri.

Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan Tubuh

Info pemesanan dan grosir


silahkan hub: Agen Buah Tin Ara Dried Fiqs Area Padang Sumatera Barat

CALL / WA ke 085263107740

atau datang langsung ke

Toko Syukma Herbal (Syukma Groups)
Jl Raya Air Dingin No.17 ( depan Villa Berlian Asri) Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah, Lubuk Minturun, Padang, Sumatera Barat

See on maps:

Posting Komentar

Posting Komentar

Aturan berkomentar:
- Afwan, komentar yang mengandung link hidup dan spam akan kami remove.
- Silahkan ikuti blog ini untuk update info terbaru kami, dengan cara klik Follow+