Langsung ke konten utama

Penyebab Barang Bagasi Hilang di Bandara

Penyebab Barang Bagasi Hilang di Bandara

Saat ini banyak berita kehilangan atau kerusakan Bagasi pada saat naik pesawat atau di bandara. Kasus kehilangan kerusakan barang bagasi ketika di bandara adalah kasus yang paling sering terjadi.

Sebenarnya bagaimana barang bagasi bisa hilang? Inilah beberapa alasan paling umum mengapa barang bagasi kita sering hilang menurut salah satu petugas bandara.

Penyebab Barang Bagasi Hilang di Bandara


  1. Pada saat pemeriksaan barang bagasi.
    Bagasi yang dibawa dipersiksa dalam waktu tambahan sehingga terjadi keterlambatan saat memuat barang.
  2. Petugas / Karyawan baru.
    Beberapa karyawan biasanya seorang pemula yang mungkin menempatkan bagasi di troli yang salah sehingga terbang ke tujuan yang salah juga
  3. Petugas check in maskapai memasang stiker yang salah.
  4. Penumpang tidak melepas atau membuang stiker lama dari barang/tas yang dibagasikan. Sehingga menyebabkan kebingungan petugas.
  5. Barang bagasi tersebut terjebak di area bagasi dan masuk ke arah yang salah saat penerbangan sangat banyak.
  6. Barang bagasi terjatuh dari mobil yang membawanya ke pesawat dan tidak ada yang memperhatikan. Ini jarang terjadi.
  7. Sistem tidak mengenal barang bagasi Anda. Oleh karena itu, pihak maskapai menyarankan agar penumpang meninggalkan informasi kontak di area luar barang yang dibagasikan.


Dari beberapa alasan tersebut, sebagian besar adalah human error dari petugas maskapai, pengurus bagasi, dan pihak bandara. Namun perlu diperhatikan, nomor 4 adalah kesalahan penumpangnya. Jadi, sebaiknya lepas stiker lama dari barang bagasi Anda sebelum melakukan penerbangan berikutnya.

Selain itu, lakukan pula saran nomor 7 dengan memberikan informasi nama di koper. Berikan tag koper dengan detail nama dan nomor kontak Anda.

Apa yang Harus Anda Lakukan ketika Bagasi Hilang Saat Penerbangan


Ada tiga langkah yang dapat dilakukan ketika bagasi hilang saat penerbangan, yaitu:

  1. Hubungi customer service maskapai yang bersangkutan. 
  2. Buat laporan kehilangan lost & found dengan mendeskripsikan barang yang hilang, kemudian sertakan identitas diri dan boarding pass. 
  3. Tunggu informasi dari maskapai yang bersangkutan. 

Prosedur maskapai 

Selain itu, langkah antisipatif lain yang bisa Anda lakukan, ketahui prosedur pengurusan bagasi hilang pada maskapai yang Anda gunakan.

Pelaporan bagasi setiap maskapai berbeda-beda. 


Garuda Indonesia, misalnya, dalam situs web resminya, menyebutkan, bagasi penumpang hanya mencakup barang, benda, atau properti lainnya yang dipakai dan dibutuhkan untuk kenyamanan selama perjalanan.

Garuda Indonesia menyediakan akses untuk mengetahui informasi mengenai status bagasi dengan memasukkan nama dan nomor referensi yang disediakan petugas saat melakukan pelaporan. Para penumpang wajib melaporkan ke kantor Baggage Service di area kedatangan sebelum meninggalkan bandara apabila bagasi tidak diterima pada waktu kedatangan atau bagasi dalam keadaan rusak. Jika Anda menggunakan penerbangan internasional, diberikan batas waktu pelaporan kerusakan selama tujuh hari. Laporan tersebut wajib dilengkapi dengan dokumen baggage tag number, kartu identitas, dan boarding pass. Kemudian, petugas akan memberikan bukti laporan yaitu Property Irregularity Report (PIR). Proses ini dilakukan dalam kurun waktu 14 hari. Jika ditemukan, bagasi akan diantar ke alamat yang tercatat dalam dokumen PIR. Jika bagasi tidak ditemukan, dapat dilakukan klaim ganti rugi.

Pelaporan atas kehilangan atau kerusakan bagasi yang diterima setelah meninggalkan area kedatangan (kecuali penerbangan internasional) atau tidak disertai kelengkapan dokumen wajib, akan ditindaklanjuti tanpa ada kewajiban untuk memberikan ganti rugi. Garuda Indonesia bertanggung jawab dalam hal membantu proses pencarian dari laporan bagasi hilang.

Sementara itu, maskapai penerbangan Citilink, melalui situs web resminya, memastikan bagasi penumpang tiba tepat waktu dan dengan kondisi yang sama saat menerimanya. Jika bagasi hilang atau rusak, penumpang dapat meminta bantuan staf di Gerai Bagasi Citilink yang berada di bandara kedatangan. Selain itu, jika di bandara kedatangan tidak terdapat Gerai Bagasi Citilink, penumpang dapat meminta bantuan staf di Meja Layanan Citilink. Apabila bagasi rusak, penumpang harus menunjukkan bagasi tersebut ke staf untuk dipelajari tingkat kerusakannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cetak Sendiri Tiket Booking Lion Air Anda Secara Online

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Pada umumnya anda mencetak tiket pesawat melalui login ke web agent lion (login khusus untuk agent, bukan web umumnya). Nah, jika anda membeli tiket via online atau jauh dari agen, anda bisa mencetak tiket Lion Air sendiri secara online. caranya:

Pertama yang dibutuhkan adalah:
Kode Booking lion air tersebutTanggal PenerbanganNama Penumpang (cukup nama belakang)Kode Penerbangan (optional, tidak wajib) Berikut ini ringkasan langkah-langkah mencetak tiket:
Buka Website Lion Air dan klik Menu Bookings | Retrieve Booking Masukkan Kode Booking, Nama Penumpang (bisa terbalik antara Nama Depan dan Nama Belakang asalkan ejaannya benar), dan Tanggal Penerbangan. Kode Penerbangan (JT sekian-sekian) tidak perlu dimasukkan. Klik Retrieve(tampilkan).Setelah muncul informasi tiket, klik tombol Print di halaman web. Pastikan tidak ada pop-up blocker di browser Anda.Selanjutnya akan muncul file Tiket versi PDF, silahkan cetak dan/atau simpan file tersebut.
Berikut langkah-la…

Cara Pembelian Token Pulsa Listrik di Berbagai Macam ATM dan Loket Pembayaran

Pelanggan Listrik Pintar dapat dengan mudah membeli pulsa listrik (token/vouccher listrik isi ulang) yang telah tersedia dengan nilai nominal Rp. 20.000 hingga Rp. 1.000.000 melalui beberapa cara pembelian sebagai berikut :
Cara pembelian pulsa listrik isi ulang (token/voucher) di beberapa Anjungan Tunai Mandiri (ATM) :
ATM Mandiri

1. Pilih Pembayaran/Pembelian
2. Pilih Multi Payment
3. Ketik “30300”
4. Masukkan No Meter (11 nomor)
5. Masukkan Nominal Pembelian
6. Ketik “1”

Struk akan tercetak

ATM BCA

1. Pilih Transaksi Lainnya
2. Pilih Voucher isi Ulang
3. Pilih Lainnya
4. Pilih PLN Prepaid
5. Masukkan nomor Meter (11 nomor)
6. Pilih Nominal Voucher
7. Tekan Benar / Salah

Struk akan tercetak

ATM BNI

1. Pilih Pembayaran
2. PLN
3. PLN PRABAYAR
4. Pembelian Token
5. Masukan No meter (11 nomor, tambahkan “0” di depan no meter)
6. Pilih jenis “0”
7. Pilih Nominal Pembelian

Struk akan tercetak

ATM Bukopin

1. Pilih ISI ULANG PULSA DAN LISTRIK
2. Pilih LISTRIK / PLN
3. Masukan Nomor Meter …

Tabel Alamat Dan Nomor Telepon Kantor Maskapai Garuda Indonesia Di Kota Anda (Lengkap)

NoKantor PusatAlamatGaruda IndonesiaJl. M1. Area Perkantoran Gedung Garuda City Center, Soekarno-Hatta Internasional Airport Cengkareng 19120-Indonesia P.O.Box 1004
NoNama KotaTeleponAlamat1Ambon(62-911) 355796The Orchid Hotel, Lt Dasar, Jl. Raya Pattimura No. 5(62-911) 322999Pattimura Airport, Jl. Dr. Leimana Laha, Ambon2Balikpapan(62-542) 422300/1Komplek Balikpapan Permai, Blok H 1, No. 23–24(62-542) 766844/76886-852Sepinggan International Airport, Jl. Marsma R. Iswahyudi3Banda Aceh(62-651) 51419Sultan Iskandar Muda Airport(62-651) 33666Jl. Teuku Imum Lueng Bata No. 78, Banda Aceh4Bandung(62-22) 4209468/4217747Gd. Annex, Graha Bumiputera, Jl. Asia Afrika No. 141–149(62-22) 6047182Husein Sastranegara Airport, Jl. Pajajaran No. 156, Bandung(62-231) 238811Hotel Grand Tryas, Jl. Tentara Pelajar No. 103-107, Cirebon5Banjarmasin(62-511) 470 5277 Ext. 610Syamsudin Noor Airport(62-511) 3366747/58747Jl. MH Hasanuddin No. 316Batam(62-778) 6000737 Ext. 104I-Hotel Jl. Teuku Umar, Bukit Nagoya(62…

Alamat Kantor Cabang Dan Perwakilan Lion Air di Kota Anda Beserta Kontak Yang Bisa Dihubungi

Untuk mengetahui kantor cabang dan perwakilan lion air di kota-kota terdekat atau kota tujuan anda, berikut Syukma Groups sajikan kepada anda alamat kantor perwakilan dan cabang lion air di kota-kota indonesia dan luar negeri dilengkapi dengan nomor telepon dan jam operasi agar mudah untuk dihubungi. Silahkan lihat wilayah atau kota yang menjadi tujuan anda dibawah ini.


Call Center Numbers
(+6280) 4177 8899
(+6221) 6379 8000
(+65) 6339 1922 (Singapore)
(+60) 03-7841 5333 (Malaysia)

Customer Care

Phone: (+6221) 6379 8000 ext 0
Fax : (+6221) 633 5669
Email: customercare@lionair.co.id

Branch Locations
ABU
ATAMBUA
Bandar Udara A.A Bere Taloo Jl. Adi Sucipto, Atambua-NTT
0811-1607802
abukk@lionair.co.id

AEG
AEKGODANG
Bandar Udara Aek Godang Desa Janji Manahan Batang Onang Padang Lawas Utara 22733
0822-77999820
aegkk@lionair.co.id

AMQ
AMBON
Hotel Amboina Jln Kapitan Ulupaha No 5
0911-341961
amqam@lionair.co.id

ARD
ALOR
Bandar Udara Mali, Jl. Soekarno-Hatta, Alor-NTT
081…

Agen Minyak Hercules Daun Bungkus 3 Jari El-Iryaniy Area Padang Sumatera Barat

Daun bungkus atau daun 3 jari dipercaya mengandung zat tracomma yang mampu merangsang pertumbuhan sel-sel otot lurik penis dan memperbesar corvus carvernova yang mempunyai peran dalam besar atau panjangnya penis.

Daun bungkus atau daun 3 jari berkhasiat memperbesar dan memperpanjang penis. Namun memiliki efek panas bahkan membuat kulit penis melepuh bila salah pengolahan dan penggunaannya, sehingga tidak boleh kena air hingga berminggu-minggu.



Sedangkan daun bungkus merek El-Iryaniy yang kami racik dalam bentuk minyak hanya terasa hangat dan cara pakainya dengan dioles dan diurut, namun khasiatnya tetap sama. Bahkan dengan treatmen pengurutan, selain memperbesar dan memanjangkan, bermanfaat juga untuk kekokohan dan ketahanlamaan serta mengatasi ejakulasi dini. Hasilnya bisa terlihat setelah beberapa hari pemakaian. Selain itu, Minyak Daun Bungkus 3 Jari El-Iryaniy ini juga berkhasiat untuk mengencangkan dan memperbesar payudara karena diformulasikan dengan ramuan minyak kelapa murni d…