Skytrax Umumkan Garuda Indonesia Sandang Predikat Maskapai Bintang Lima

Maskapai Bintang Lima

London – Skytrax hari Kamis (11/12), siang waktu setempat, mengumumkan secara resmi Garuda Indonesia sebagai maskapai bintang lima (5-Star Airlines). Dengan demikian, Garuda Indonesia bersama-sama dengan perusahaan penerbangan dunia lainnya, yaitu Singapore Airlines, Cathay Pacific Airways, Qatar Airways, Asiana Airlines, All Nippon Airways (ANA), dan Hainan Airlines, menduduki predikat bintang tertinggi dalam peringkat Skytrax.

CEO Skytrax Edward Plaisted dalam siaran pers yang diterima Runway Aviation mengungkapkan, “Pengakuan ini merupakan hasil dari transformasi yang dilaksanakan oleh Garuda Indonesia dalam hal standar dan kualitas pelayanannya. Pencapaian ini juga merefleksikan kerja keras maskapai tersebut dalam beberapa tahun terakhir, dan kami pada hari ini dengan bangga mengumumkan bahwa mereka telah memenuhi standar sebuah maskapai bintang lima.”

Edward lebih lanjut mengatakan, pemeringkatan maskapai tersebut didasarkan pada penilaian menyeluruh terhadap produk dan layanan Garuda Indonesia, baik ground service di bandara maupun inflight service dalam penerbangan yang dilayani oleh maskapai tersebut.

Ia menuturkan, “Konsistensi yang dihadirkan dalam produk dan layanan sebuah maskapai merupakan bagian terpenting dari penilaian maskapai bintang lima tersebut, dan armada-armada yang dioperasikan Garuda Indonesia saat ini menawarkan kelas Bisnis yang dilengkapi dengan fasilitas tempat duduk yang dapat direbahkan hingga 180 derajat (flat-bed seating) dan kelas Ekonomi dengan jarak antar kursi hingga 32 – 34 inci. Para penumpang juga dapat merasakan layanan First Class dan Business Class dengan standar layanan bintang lima melalui armada B777-300ER terbarunya.”

Sementara itu Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan bahwa penghargaan tersebut menjadi salah satu milestone penting bagi Garuda karena merupakan bentuk pengakuan dunia terhadap transformasi dan berbagai peningkatan yang dilakukan Garuda Indonesia, khususnya melalui program jangka panjang Quantum Leap 2011 – 2015.

“Keberhasilan Garuda Indonesia meraih predikat sebagai maskapai bintang lima merupakan wujud dari komitmen serta hasil kerja keras seluruh karyawan Garuda Indonesia dalam memberikan layanan terbaik kepada para pengguna jasa. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh pengguna jasa sehingga Garuda Indonesia meraih predikat prestisius sebagai maskapai bintang lima,” ujar Emirsyah.

Penilaian maskapai bintang lima tersebut juga mempertimbangkan rencana peningkatan layanan yang akan dilaksanakan Garuda Indonesia pada tahun 2015, antara lain rencana pemindahan operasional Garuda Indonesia ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yang merupakan hub utama maskapai tersebut.

Sebelumnya pada tahun 2010 Garuda Indonesia dinobatkan sebagai maskapai bintang empat dan terpilih sebagai The World’s Most Improved Airline dari lembaga pemeringkat airline yang berbasis di London, Skytrax, dan Airline Turn Around of The Year dari Centre for Asia Pacific Airlines (CAPA).

Sumber:
runway-aviation.com

Mungkin Anda Suka

Komentar