Menteri Perhubungan Siap Naikkan Tarif Penerbangan

Menteri Perhubungan Siap Naikkan Tarif Penerbangan

Menteri Perhubungan EE Mangindaan memang berencana untuk menaikkan tarif angkutan udara yang saat ini dibatasi oleh pemerintah. Bahkan, Menhub mengatakan, rencana menaikkan tarif merupakan bentuk hutang kepada Garuda Indonesia. “Saya memang punya utang untuk menaikkan tarif. Kira-kira 10 persen,” ujar Mangindaan.

Menhub mengaku, keinginannya menaikkan tarif untuk menyelamatkan Garuda yang sudah merugi triliunan rupiah, kendati nantinya bakal mendapat banyak protes “Saya angkat tangan saja, tapi yang penting bagaimana menyelematkan Garuda,” ungkap Mangindaan seperti dilansir Suara Merdeka.

Selain membayar utang, sebagai menteri perhubungan, dia meminta maaf bahwa hingga saat ini belum ada infrastruktur di dalam negeri yang memadai. Bahkan pertumbuhan industri penerbangan lebih cepat daripada infrastruktur di transportasi laut dan udara. “Infrastruktur kalah cepat dengan airlines. Airlines pertumbuhannya cepat tapi infrastrukturnya lambat,” papar Mangindaan.

Di sisi lain, Dirut Garuda Emirsyah Satar mengungkapkan, menyusul bisnis penerbangan tahun ini sedang mengalami perlambatan perusahaan penerbangan saat ini berupaya bertahan. Hal itu akibat menderita kerugian akibat fluktuasi nilai tukar rupiah, tingginya harga avtur, dan perlambatan pertumbuhan ekonomi.

“Sekarang dalam perlambatan growth, kita manajemen berusaha agar bertahan dan dihormati baik domestik dan global. Ini sejalan dengan target pencapaian dan tujuan bersama,” ujarnya.

Dikatakan, untuk membahas langkah-langkah menekan kerugian perseroan, manajemen dan Menteri BUMN telah mengadakan pertemuan . Sejumlah langkah yang disiapkan di antaranya mengonversikan regulasi-regulasi berkaitan dengan maskapai penerbangan. Manajemen Garuda dan Dahlan Iskan akan memperjuangkan untuk mengubah sejumlah regulasi di Kementerian Perhubungan.

“Kami akan fight agar regulasi diubah terutama terkait batas atas, kami menunggu aturan batas atas itu,” ungkapnya.

Sumber:
http://indo-aviation.com/

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga

Mungkin Anda Suka

Komentar