Panduan Keberangkatan Penumpang Pesawat di Bandara

Panduan Keberangkatan Penumpang Pesawat di Bandara

Bagi seseorang yang baru pertama kali naik pesawat di bandara akan mengalami banyak kendala apabila belum mengerti istilah di dalam dunia penerbangan. Terkadang hal tersebut akan menjadikan seseorang kurang percaya diri dalam memasuki suatu bandar udara. Untuk itu bagi yang akan bepergian dengan memakai pesawat udara sangat diperlukan Panduan Keberangkatan Penumpang Pesawat di Bandara.

Berikut ini akan kami berikan beberapa Panduan Keberangkatan Penumpang Pesawat di Bandara khususnya bagi Penumpang pesawat untuk keberangkatan domestik.

SKEMA KEBERANGKATAN

SKEMA KEBERANGKATAN

SKEMA KEDATANGAN

SKEMA KEDATANGAN

DROP ZONE

Pada saat penumpang sampai di suatu bandara maka akan turun dari kendaraan menuju area bandara. Tempat atau area yang dipergunakan bagi kendaraan untuk menurunkan penumpang yang akan berangkat disebut DROP ZONE. Area Drop Zone tersedia fasilitas valet parking bagi anda yang memerlukan pelayanan ini.

SECURITY CHECK POINT

Ketika kita mulai masuk terminal suatu bandara maka yang akan dihadapi pertama kali adalah Security Check Point, yaitu tempat pemeriksaan penumpang pesawat beserta bawa-bawaan baik bagasi maupun kabin. Pemeriksaan barang bawaan akan melalui peralatan x-ray sedangkan untuk orangnya akan melewati Walk Through Metal Detector.
Berikut ini hal-hal panduan di area Security Check Point

Siapkan dokumen anda sebagai berikut:
- Tiket sesuai tanggal keberangkatan
- Kartu Identitas

Barang-barang bawaan wajib diperiksa melalui x-ray. Untuk memperlancar pemeriksaan, seluruh benda logam seperti Handphone, Kunci, dsb agar dilaporkan dan diperiksa melalui x-ray.
Seluruh penumpang wajib melalui Walk Through Metal Detector (WTMD). Apabila diperlukan, penumpang dan barang bawaan dapat diperiksa secara manual.

Laporkan kepada petugas security apabila anda:
- Menggunakan alat pacu jantung
- Membawa senjata api
- Tidak diperkenankan membawa serta barang-barang berbahaya, seperti pisau, cutter, korek api, korek gas, dsb.

CHECK IN COUNTER

Setelah melewati Area Security Check Point, maka kita akan menuju Area Check in Counter. Check IN Counter yaitu tempat untuk melapor di masing masing Airline tentang keberangkatan kita. Dalam proses di Check in Counter kita akan menerima Boarding Pass dan sekaligus untuk menyerahkan barang bawaan yang dibagasikan.

Berikut ini pandungan di Area Chec In Counter

Siapkan dokumen anda sebagai berikut:
- Tiket sesuai tanggal keberangkatan
- Kartu Identitas
Antrilah pada check-in counter yang sesuai dengan nomor penerbangan anda.
Untuk keselamatan penerbangan laporkan bagasi anda yang beratnya lebih dari 5kg, dan hanya diperkenankan membawa 1 bagasi yang beratnya kurang dari 5kg kedalam kabin pesawat.

PEMBAYARAN PJP2U

Setelah proses checkin selesai maka kita akan menuju ruang tunggu keberangkatan. Dalam perjalanan menuju ruang tunggu keberangkatan kita akan disuruh membayar Airport Tax atau PJP2U. PJP2U adalah Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara. Tarif PJP2U tiap bandara berbeda. Untuk bandara besar biasanya dikenakan tarif sebesar Rp. 30.000-75.000 untuk penumpang domestic dan Rp. 150.000-200.000 untuk penumpang internasional. Perlu diketahui bahwa tarif PJP2U tidak termasuk dalam harga pembelian tiket.

SECURITY CHECK POINT 2

Ketika kita akan memasuki ruang tunggu keberangkatan maka akan dihadapkan lagi dengan Area Security Check Point yang kedua. Dalam Area Security Check Point yang kedua penumpang akan sekali lagi dicheck beserta barang yang akan dibawa di kabin pesawat. Barang bawaan akan dicheck melalui xray, dan orangnya akan melalui Walk Through Metal Detector.

Berikut panduan dalan Area Security Check Point kedua :
- Siapkan Tiket dan Boarding Pass anda, serta kupon PJP2U.Prosedur ini sama dengan prosedur pada SCP1
- Penumpang yang dibebaskan dari PJP2U seperti: penumpang transit, bayi, air crew, tamu negara.

RUANG TUNGGU KEBERANGKATAN

Setelah melewati Area Security Check Point kedua maka kita menuju ruang tunggu keberangkatan. Setiap Maskapai Penerbangan mempunyai jalur atau pintu gate keberangkatan sendiri. Untuk itu kita menuju ruang tunggu keberangkatan sesuai dengan nomer gate. Setelah waktu naik pesawat tiba maka kita akan dipersilakan naik pesawat dengan menunjukkan kartu Boarding Pass.

Demikian tadi Panduan Keberangkatan bagi Penumpang Pesawat di Bandara, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Sumber:
http://bandaraonline.com/airport/panduan-keberangkatan-penumpang-pesawat-di-bandara

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga

Mungkin Anda Suka

Komentar