Tips Bagi Traveler Menginap di Bandara

Tips Bagi Traveler Menginap di Bandara

Untuk kamu yang terbiasa bepergian ala backpacker, tentu pernah merasakan serunya pengalaman menginap di bandara, setidaknya satu kali. Bukan sekadar menghemat biaya akomodasi, terkadang traveler memilih menginap di bandara karena pesawat mendarat larut malam atau mendapat penerbangan pertama dan khawatir ketinggalan pesawat.

Kalau selama ini pengalaman menginap di bandara kamu tidak senyaman yang kamu inginkan, atau kamu punya rencana untuk melakukan itu pada perjalanan kamu berikutnya, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu praktikkan agar kamu tetap nyaman dan aman.

Rencana B

Inilah tips paling penting untuk semua traveler yang berencana menginap di bandara. Tidak semua petugas bandara senang melihat traveler menumpang tidur di bandara. Walaupun mungkin kamu tidak akan serta-merta diusir, bisa jadi kamu akan diinterogasi secara detil oleh petugas: “Kenapa kamu tidur di bandara?” “Kenapa tidak memesan hotel seperti layaknya orang normal lain?” Besar kemungkinan mereka akan meminta bukti bahwa kamu memang sudah memegang tiket penerbangan untuk esok hari, jadi bersiaplah menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dan simpan tiket penerbangan kamu di tempat yang mudah dijangkau. Tapi, jika skenario terburuk terjadi dan kamu tidak diperbolehkan menginap di bandara, pastikan kamu sudah menyiapkan rencana di mana kamu akan tidur untuk menunggu penerbangan esok hari.

Siapkan ‘Peralatan Perang’

Kamu pasti tahu, tidak semua jadwal penerbangan tepat waktu. Dan menginap di bandara bukanlah pengalaman paling nyaman jika dijalani dalam waktu lama. Jadi, pastikan kamu membawa ‘peralatan perang’ untuk membantu kamu lebih nyaman. Ini beberapa peralatan yang paling penting:
- Kasur lipat dan bantal. Selain mudah disimpan di dalam koper, tentunya tidur di atas kasur masih lebih nyaman daripada tidur di atas lantai bukan?
- Penutup mata dan telinga supaya tidur kamu lebih nyenyak
- Botol air minum dan cemilan untuk berjaga-jaga kalau tidak ada toko makanan yang buka 24 jam di bandara dan biasanya harga makanan dan minuman di bandara lebih mahal. Cara ini tentu juga dapat menghemat uang Anda.
- Powerbank. Bisa jadi peralatan paling penting. Kadang tidak semua bandara mau bermurah hati menyediakan banyak stop kontak, sementara kamu pastinya akan ‘mati gaya’ tanpa smartphone kamu kan?
- Tisu basah dan cairan antibakteri untuk menjaga kebersihan kamu
- Kenakan pakaian berlapis karena biasanya kondisi di sekitar bandara cukup dingin. Membawa selimut, jaket ataupun sweater juga lebih baik.
- Untuk Anda yang wanita hindari memakai rok atau pakaian ketat karena hal itu akan membuat Anda merasa tidak nyaman nantinya.

Tetap Waspada

Apakah kamu bepergian seorang diri atau bersama teman-teman, selalu waspada dengan keadaan sekitar. Adanya petugas keamanan yang selalu bekerja 24 jam belum tentu bisa menjamin keamanan Anda sendiri. Kalau kamu pergi sendirian, lebih baik cari tempat di dekat traveler lain. Dan pastikan koper atau ransel kamu selalu dalam keadaan terkunci. Dan simpan benda-benda penting dan berharga di tempat aman

Datang lebih awal

Cara ini bisa diterapkan kalau pesawat Anda baru terbang keesokan paginya. Jika Anda datang ke bandara saat sudah larut malam, kemungkinan titik menginap yang nyaman sudah diambil orang lain. Ingatlah, bukan Anda sendiri yang menginap di bandara. Penumbang lain yang harus terbang pagi buta seperti Anda bisa jadi melakukan hal yang sama

Cari Tempat Yang Nyaman

Bisa jadi inilah tantangan terbesar ketika akan menginap di bandara. Kamu harus lincah dan rajin menjelajahi bandara untuk menemukan tempat paling nyaman sebagai tempat menginap kamu. Yang harus diperhatikan adalah: kondisi tempat duduk, temperatur ruangan, dan apakah tempat itu akan mengganggu laju pengunjung dan petugas bandara. Kalau perlu, tanyakan kepada petugas bandara atau maskapai yang lebih familar dengan bandara. Tempat yang biasa digunakan adalah mushala (ruang ibadah). Lantai di mushala biasanya juga dilapisi karpet sehingga cocok untuk beristirahat. Tetapi tidak semua mushala di bandara bisa dijadikan tempat tidur. Selain itu bangku-bangku di sekitar bandara juga bisa dijadikan tempat untuk istirahat. Nah, Lounge di bandara tentu lebih nyaman cuman anda harus melewati security check(standar SNI he..ehe.. ). Bahkan di beberapa bandara ada yang menyediakan fasilitas sofa yang bisa dijadikan tempat untuk merebahkan diri, sehingga Anda pun bisa beristirahat dengan nyaman.

Hormati Traveler Lain

Kalau banyak traveler lain yang juga memutuskan tidur di bandara, tentu kamu juga harus menghormati hak mereka untuk beristirahat dengan nyaman. Jadi, kalau tiba-tiba salah satu dari mereka bangun dan memandang kamu dengan pandangan mematikan, berarti kamu terlalu ribut. Pilihannya adalah: diam atau cari tempat lain.

Setel alarm

Hal ini sangat penting. Jangan lupa menyetel alarm agar Anda tidak ketinggalan pesawat nantinya. Setidaknya setel alarm satu atau dua jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat Anda.

Siapkan keperluan pribadi

Pastikan perlengkapan pribadi seperti sikat gigi, sabun muka, parfum, handuk kecil, serta perlengkapan pribadi lainnya bisa diambil dengan mudah. Tempatkan barang-barang tersebut dalam saku tas atau tempat lainnya yang mudah diraih. Anda tentunya membutuhkan barang-barang tersebut esok paginya.

Sumber:
pegipegi.com
utiket.com
dengan sedikit tambahan

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga

Mungkin Anda Suka

Comments