Kini Jarak Tempuh Padang-Pasaman Barat Jadi 30 Menit Dengan Susi Air

Susi Air Jarak Tempuh Padang-Pasbar jadi 30 Menit

Maskapai penerbangan spesialis rute perintis, Susi Air, mengoperasikan rute penerbangan yang menghubungkan antara Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang dan Bandara Pusako Anak Nagari di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Rute penerbangan itu dioperasikan sebanyak tiga kali dalam seminggu menggunakan pesawat Cessna 208B Grand Caravan berkapasitas 12 kursi. “Aktivitas penerbangan sudah mulai lancar dan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan dari Bandara Pusako Anak Nagari menuju BIM Padang dan sebaliknya,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Pasaman Barat Bobby P. Rizal, di Simpang Ampek, Sabtu (25/10/2014), seperti dilansir Antara.

Menurut Bobby, minat masyarakat terhadap penerbangan itu tergolong tinggi karena pesawat tidak pernah kosong, baik itu untuk penerbangan dari Padang menuju Pasaman Barat maupun sebaliknya. Untuk mendapatkan penumpang yang lebih banyak, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat akan memberikan sosialisasi mengenai keberadaan bandara dan penerbangan kepada masyarakat. “Sebagai tahap awal tentu cukup memuaskan, dan kami harapkan masyarakat semakin banyak menggunakan pesawat menuju Kota Padang karena sangat efisien dari segi waktu tempuh,” ujarnya.

Sesuai kontrak dengan maskapai Susi Air, menurut dia, jadwal penerbangan tiga kali seminggu berlangsung Selasa, Kamis, dan Minggu pukul 10.00 WIB dari Padang dan pukul 11.00 WIB dari Simpang Ampek.

Dalam layanan penerbangan itu Susi Air mendapatkan subsidi dari Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dengan nilai Rp 500 juta untuk 96 kali penerbangan. Dengan subsidi itu, masyarakat bisa mendapatkan tiket dengan harga hanya Rp 300.000 untuk sekali jalan.

Bobby mengatakan, pada tahun depan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat tidak lagi memberikan subsidi pada rute tersebut. “Tahun 2015 Pemkab Pasaman Barat tidak mensubsidi lagi untuk penerbangan ke Padang karena akan dibebankan dana APBN, sedangkan APBD digunakan untuk rute ke Pekanbaru,” katanya.

Ia mengemukakan, kesepakatan semacam itu sesuai dengan hasil rapat kerja penerbangan perintis di Balikpapan, Kalimantan, Agustus 2014.

"Kami mengharapkan dukungan penuh dari masyarakat dan semua pihak agar penerbangan terus berkelanjutan pada tahun-tahun berikutnya," katanya menambahkan.

Kini jarak tempuh Padang-Pasaman barat jadi 30 Menit. Bagi warga yang ingin menuju ke Bandara Laban Kapar, Pasbar cukup mudah. Karena jarak dari terminal Simpang ampek hanya sekitar 7 km. Arah ke Sasak untuk sampai ke lokasi bandara

Sumber:
indo-aviation.com
antaranews.com

Mungkin Anda Suka

Komentar