Bandar Udara Tersibuk di Dunia Versi ACI Menurut Lalu Lintas Penumpang

Airports Council International

Bandara Internasional Soekarno Hatta masuk jajaran 10 besar bandara paling sibuk

Dari tahun ke tahun, Bandara Internasional Soekarno Hatta yang di dunia dikenal dengan nama Soekarno-Hatta International Airport (SHIA) itu semakin sibuk melayani penerbangan domestik maupun internasional. Berdasarkan Airport World yang merupakan media resmi dari Airport Council International, bandara ini masuk jajaran 10 besar bandara paling sibuk sejagat.

Predikat sebagai salah satu bandara tersibuk bagaikan dua sisi mata uang. Semakin sibuknya bandara Soekarno Hatta menunjukkan geliat bisnis sektor penerbangan yang semakin tinggi. Di sisi lain, jika tidak bisa diantisipasi dengan baik, maka berimbas buruk pada pelayanan untuk konsumen. Semisal, kondisi bandara semakin padat dan semrawut layaknya di terminal bus. Kondisi ini tentu membuat konsumen mengeluh.

Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II Daryanto mengklaim sudah memiliki rencana jangka panjang untuk mengantisipasi makin sibuknya bandara Soekarno Hatta. Otoritas bandara telah memiliki rencana induk pengembangan Bandara Soekarno-Hatta menghadapi pertumbuhan jumlah penumpang pesawat.

Rencananya Terminal 1 dan Terminal 2 akan direvitalisasi dari masing-masing berkapasitas 9 juta penumpang menjadi masing-masing berkapasitas 18 juta penumpang dan 19 juta penumpang. Sementara itu, Terminal 3 yang berkapasitas 4 juta penumpang juga tengah dikembangkan menjadi 25 juta penumpang di mana ditargetkan bisa mulai dioperasikan pada 2015.

Dari sisi udara, kapasitas 2 runway juga akan ditingkatkan dari saat ini mampu melayani 64 penerbangan per jam menjadi 72 penerbangan tahun ini, lalu kemudian 86 penerbangan pada 2015.

Senior General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta Bram Bharoto Tjiptadi juga mengkalim pihaknya selalu siap memberikan pelayanan prima kepada para penumpang pesawat.

"Bandara Internasional Soekarno-Hatta selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanan, baik itu di terminal maupun di fasilitas bandara lainnya seperti lahan parkir atau transportasi publik," jelas Bram.

Berikut 10 Bandara tersibuk di dunia versi ACI (Airports Council International)

Bandar udara tersibuk di dunia menurut lalu lintas penumpang dihitung menurut jumlah penumpang berdasarkan data dari Dewan Bandar Udara Internasional (bahasa Inggris: Airports Council International). Jumlah penumpang sendiri didefinisikan berdasarkan jumlah penumpang yang memasuki pesawat, keluar dari pesawat, dan penumpang yang melakukan transit. Bandar Udara Internasional Hartsfield–Jackson di Atlanta telah menjadi bandar udara tersibuk setiap tahunnya sejak 2000, sedangkan kombinasi seluruh bandar udara yang berada di London dinobatkan menjadi sistem bandar udara kota tersibuk di dunia berdasarkan jumlah penumpang.

Untuk menjaga konsistensi, penilaian tahunan ACI selalu digunakan dalam presentasi akhir maupun pemeringkatan bandar udara, meskipun terkadang angka yang diberikan berbeda dengan jumlah penumpang resmi dari operator bandara atau pihak yang berwenang.

Bandara paling sibuk di dunia dan menempati posisi teratas adalah

1. Bandara Atlanta-Hartsfield Jackson 
Hartsfield-Jackson di Atlanta, Amerika Serikat dengan jumlah penumpang 94,4 juta

2. Bandara Beijing
Beijing Capital di Tiongkok dengan jumlah penumpang 83,7 juta

3. Bandara London Heathrow
London Heathrow di Inggris dengan jumlah penumpang 72,3 juta

4. Bandara Tokyo Haneda
Tokyo Haneda di Jepang dengan jumlah penumpang 68,9 juta

5. Bandara Chicago O'Hare
Chicago O'hare di Amerika Serikat dengan jumlah penumpang 66,9 juta

6. Bandara Los Angeles International
Los Angeles International di Amerika Serikat dengan jumlah penumpang 66,7 juta

7. Bandara Dubai International
Dubai International di Uni Emirat Arab dengan jumlah penumpang 66,4 juta

8. Bandara Paris Charles de Gaulle
Paris Charles de Gaulle di Prancis dengan jumlah penumpang 62 juta

9. Bandara Dallas/Forth Wort
Dallas/Fort Worth di Amerika Serikat dengan jumlah penumpang 60,4 juta

10. Jakarta Soekarno-Hatta
Jakarta Soekarno-Hatta di Indonesia dengan jumlah penumang 59,7 juta.


Referensi:
  • http://finance.detik.com/read/2014/07/21/124247/2643191/4/10-bandara-tersibuk-di-dunia-ada-satu-dari-indonesia
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_udara_tersibuk_di_dunia_menurut_lalu_lintas_penumpang
  • http://www.merdeka.com/uang/5-fakta-bandara-soekarno-hatta-jadi-tersibuk-ke-8-di-dunia/semakin-sibuk-dan-padat.html

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga

Mungkin Anda Suka

Komentar