Langsung ke konten utama

Objek Wisata di Kota Padang

Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat untuk referensi bagi anda yang ingin berkunjung ke Padang.

1. Pantai Aie Manih ( Pantai Air Manis )

Pantai Aie Manih

Pantai yang tekenal dengan legendanya yang dipercaya terjadi nyata yakni Legenda Malin Kundang. Pantai tersebut adalah Pantai Air Manis (Aie Manih). Pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi karena mempunyai pesona alam yang indah, ombak-ombak yang berhembus ketepian menyusuri pantai sehingga angin sepoi-sepoi yang terasa membuat suasana menjadi sejuk dan tentram. Ketika air laut surut kelaut, kita dapat berjalan-jalan ke bibir pantai yang sungguh luas dengan melihat bentangan pemandangan lautnya yang indah dipandang mata.

Pantai Air Manis terletak di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Bisa ditempuh dengan berbagai kendaraan seperti sepeda motor, mobil maupun angkutan umum lainnya. Jika para wisatawan yang berkunjung dimulai dari Bandara Ketaping bisa menggunakan kendaraan khusus bandara ataupun angkutan umum lainnya yang menuju lokasi tersebut dalam waktu tempuh sekitar setengah jam.
Tempat wisata ini dikelola oleh warga setempat, disana disediakan beberapa fasilitas wisata, seperti beberapa tempat penginapan yang harganya cukup terjangkau dan tidak begitu mahal. Ada juga warung-warung makan disepanjang pantai yang bisa digunakan untuk tempat bersantap ria. Ada pepohonan yang menjulang tinggi di sepanjang tepian pantai yang dan disana disediakan payung atap pantai sebagai tempat duduk melepas penat sehabis bermain dipantai, beberapa fasilitas lain yang disediakan adalah mushalla, toilet, tempat parkir kendaraan dan sebagainya.

2. Pantai Padang

Pantai Padang

Pantai ini dikenal masyarakat kota Padang dengan sebutan “TAPLAU” atau singkatan dari Tapi Lauik. Pantai Padang terletak dipusat kota Padang, yaitu ibu kotanya Provinsi Sumatera Barat. Dimana pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata ketika ke kota Padang, sehingga pantai ini ramai dan padat dikunjungi oleh warga kota Padang maupun para pelancong dari luar daerah yang berwisata atau ada ursusan bisnis di Padang karena lokasinya sangat mudah untuk dijangkau.

Bagi kita yang ingin mengamati terbenam matahari yang turun secara perlahan-lahan dapat kita saksikan di Pantai Padang ini, Ketika pada malam hari pantai ini menjadi tempat tongkrongan para muda-mudi dengan menikmati pisang bakar atau jagung bakar yang dijual disepanjang jalan Pantai Padang. Banyak beberapa warung tenda yang berjejer disepanjang tepi pantai Padang, sehingga kita dapat menikmati aneka minuman seperti minuman bersoda dan kelapa muda, serta jajanan-jajanan sebagai pelengkap minuman seperti kacang rebus ataupun telur rebus dan yang lainnya.

Ada juga wahana permainan bagi anak kecil yang disediakan seperti kereta odong-odong ataupun mobil-mobilan dan sebagainya. Namun Pantai Padang ini tidak hanya sedikit terdapat pasir dibeberapa bagian pantai karena pantai ini sudah mengalami abrasi menahun. Batu-batu besar sebagai pemisah ombak juga sebagai tembok pemisah antara laut dan tepi jalan

3. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman

Wisata sejarah yang mesti kita kunjungi, yaitu terdapat Museum Adityawarman yang berdiri pada tahun 1974 dan menjadi ikon Kota Padang dan menjadi taman mini-nya Kota Padang. Museum ini adalah museum yang paling terkenal di kota Padang. Nama Adityawarman diambil dari nama seorang Raja besar yang pernah berkuasa di Minangkabau.Didalam museum terdapat berbagai jenis benda bersejarah dan museum inilah sebagai tempat menjaga dan menyimpan kelestarian budaya khas Kota Padang hingga ke anak cucu. Untuk menjaga kelestarian koleksi benda-benda bersejarah tersebut, pemerintah setempat membentuk tim kecil yang bertugas sebagai tenaga educator, konservator, preparator dan pustakawan.Lokasi di Jl.Diponegoro no: 10 ,Kota Padang - Sumatra Barat.

4. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya

Belum ke Padang bila belum singgah ke Jembatan Siti Nurbaya.Jembatan ini merupakan salah satu ikon jembatan yang namanya diambil dari sebuah legenda karya sastrawan Sumatera Barat bernama Marah Rusli yaitu dengan sebutan Jembatan Siti Nurbaya. Disepanjang jembatan terdapat lampu-lampu nan indah yang dipasang di setiap tepian-tepian jembatan sehingga ketika malam hari jembatan ini membuat pemandangan yang menyejukkan mata. Dilengkapi dengan jajanan-jajanan makanan yang menjadi tempat wisata kulinernya anak muda maupun para keluarga.

Jembatan sepanjang 60 meter ini menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya (tempat Siti Nurbaya dimakamkan). Membentang gagah di Muara Batang Arau. Jembatan ini nampak cantik bila senja menjelang. Pijar mercuri, sepoi angin pantai, dan lampu-lampu kapal yang mulai dinyalakan menambah romantis suasana. Tak heran bila anak-anak muda memadati jembatan ini, untuk memadu kasih atau sekedar menikmati roti , pisang, dan jagung bakar yang dijual di sisi kanan dan kiri jembatan.

5. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasia Jambak Terletak 17-20 Km dari pusat kota arah ke utara melalui jalan raya Padang-Bukittinggi, pada Km ke 14 berbelok ke kiri menuju ke pantai Pasir Jambak. Pantai ini berpasir putih, lebar, landai dan dipenuhi oleh pohon-pohon kelapa. Tersedia fasilitas wisata berupa pintu gerbang, tempat parkir, panggung hiburan, warung makanan, home-stay, gazebo, dan penyewaan perahu. Sangat cocok untuk berjemur, berenang, berperahu, bersantai, atau menyaksikan matahari terbenam. Pantai ini banyak dikunjungi oleh para muda-mudi, karena suasana dan panoramanya yang indah dan sangat romantis apalagi pada saat matahari terbenam. Pantai ini juga menjadi tempat favorit warga Kota Padang sebagai tempat menenangkan pikiran maupun refresing melepas penat dari aktivitas-aktivitas sehari-hari. Berkunjung ke Pantai Pasir Jambak bisa ditempuh dalam waktu setengah jam dengan menggunakan kendaraan bermotor dan kendaraan umum lainnya seperti angkot, bis kota atau taxi.

6. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana

Pantai yang dekat dengan Pelabuhan Teluk Bayur ini bisa menjadi alternatif untuk refreshing di sekitar Kota Padang. Letaknya hanya sekitar 14 Km ke arah Selatan dari pusat Kota Padang arah Bungus, Teluk Kabung. Pantai ini lebih indah pada saat sore hari karena dapat menyaksikan terbenamnya matahari(sunset) dengan pesonanya begitu indah dan disaat malamnya yang gelap kita dapat menikmati pemandangan lampu sorot dari Pelabuhan Teluk Bayur. Ditambah lagi, terangnya puluhan bagan (perahu nelayan yang menggunakan banyak lampu) guna menarik perhatian ikan.

7. Pantai Caroline

Pantai Caroline

Merupakan obyek wisata pantai yang dilengkapi dengan fasilitas penginapan, cottage, restoran, panggung kesenian, dan taman bermain yang cukup luas. Terletak sesudah Pantai Nirwana di Bungus, Teluk Kabung, 25 km di selatan Kota Padang, dapat dicapai dengan taxi atau angkot jurusan Bungus. Dari Pantai ini wisatawan juga dapat menyewa motor boat atau perahu nelayan untuk pergi ke pulau-pulau karang yang berada di depannya.

Cuaca cerah membuat suasana pantai makin menggoda untuk dicumbui. Pasir putih dan ombak biru merayu siapa saja yang berkunjung siang itu ke Pantai Caroline—arah selatan Kota Padang. Pecahan ombak yang menyisir hingga tepian menyisakan buih-buih putih dan menyapu pasir pantai berwarna putih kecoklatan. Pantai nan landai dan rindangnya pepohonan menjadi daya tarik bagi setiap pengunjung. Keinginan untuk segera mencumbui airnya dan berlari di pasirnya nan halus kian tak tertahankan. Kawasan Caroline terbilang masih menyimpan potensi laut yang lebih baik ketimbang kawasan lain di sepanjang Pantai Padang.

8. Manasik Haji di Miniatur Makkah

Manasik Haji di Miniatur Makkah

Sesuai dengan namanya Miniatur Makkah tempat ini merupakan tempat wisata religi yang terletak di Sungai Lareh, Lubuk Minturun, Padang. Tempat wisata yang satu ini sangat unik karena dibangun sesuai dengan keadaan aslinya bangunan Miniatur Makkah ini masih dibilang baru karena dibangun pada tahun 2010. Selain menjadi tempat wisata bagi para wisatawan, Minaiatur Makkah ini juga digunakan sebagai tempat untuk berlatih bagi para calon jama’ah yang akan menunaikan ibadah haji atau umrah ke tanah suci Mekah. Disini juga kita dapat menikamati dan melihat beberapa jenis satwa seperti ular, ikan, unta dan sebagainya. Asrama haji ini merupakan proyek pribadi dari haji nuril zakir dan keluarga. Niat pendirian ini sekaligus sebagai perayaan ulang tahun pernikahan mereka yang ke 30.

9. Pemandian Lubuk Minturun

Pemandian Lubuk Minturun

Berjalan dari Sungai Lareh ke arah lubuk minturun, masih ada tempat objek wisata yaitu pemandian lubuk minturun. Di sini tempatnya sangat alami dan airnya langsung dari gunung, tanpa ada bahan2 lain 100% asli dari alam. Ada banyak tempat pemandian dan pemandangan yang bisa anda kunjungi disini seperti kolam ABG, Lori, aia tajun sarasah, dll. Sehari sebelum puasa biasanya tempat ini ramai dikunjungi oleh muda-mudi untuk "BALIMAU". Tradisi ini sudah turun temurun dilakukan meskipun tidak ada dicontohkan oleh nabi dan para sahabatnya. Kalau anda berasal dari luar kota atau yang baru tinggal di kota padang, bagaikan sayur tanpa garam kalau belum mencoba mandi di pemandian lubuk minturun.

10. Air Terjun Sarasah Banyak Gariang

Air Terjun Sarasah Banyak Gariang

Objek wisata ini juga terletak di Ulu Gadut, tepatnya di kaki Bukit Sarasah, Desa Koto Baru, Kel. Limau Manis Selatan, Kec. Pauh. Air terjun ini mempunyai ketinggian + 60 meter. Dibanding dengan Air Terjun Sikayan Balumuik objek wisata ini paling banyak pengunjungnya. Selain jaraknya relatif dekat yaitu 2 km dari LIK Gadut, juga medannya tak begitu sulit untuk ditempuh. Perjalanan ke lokasi ini hanya menempuh waktu + 40 menit. Dahulunya kolam air terjun ini banyak Ikan Gariangnya, karena itu masyarakat sekitar Ulu Gadut menamakan Air Terjun Sarasah Banyak Gariang.

Akses ke lokasi ini dapat ditempuh dengan menaiki Oplet Jurusan Padang/Pasar Raya-Ulu Gadut, atau dengan menaiki Taxi. Setelah sampai di LIK Gadut lanjutkan perjalanan dengan Oplet Kuning Jurusan Koto Baru.berikut Pic Untuk Air terjun Sarasah Banyak gariang:

11. Panorama Sitinjau Lauik

Panorama Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik ini berada di kaki / lereng Gunung Talang. Gunung Talang sendiri adalah gunung yang berada paling dekat dengan Kota Padang dengan ketinggian 2690 meter. Jika tidak banyak kabut pemandangan yang disajikan adalah pemandangan pegunungan, hamparan kota padang dan suguhan samudara hindia, apalagi disambil nyurumput teh hangat, atau secangkir kopi membuat kita berlama-lama disini, coba datang dan rasakan sendiri keindahannya...."

12. Pantai di Pulau Sikuai

Pulau Sikuai

Pulai Sikuai berada di sebelah Barat Pulau Sumatera, yaitu terletak di Kecamayan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Belum banyak yang mengetahui keberadaan pulau Sikuai ini, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Padahal Pulau Sikuai ini mempunyai pantai yang sangat menakjubkan keindahannya dengan pemandangan yang asri serta masih alami. Karena masih terjaga keaslian keindahan alamnya dengan keindahan lautnya.

Di pantai Pulau Sikuai iniada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan seperti jalan-jalan refresing disepanjang pantai, bermain sepeda dengan menyewa sepeda dengan harga yang terjangkau dan ada juga disediakan track khusus untuk bersepeda, anda juga bisa mengumpulkan kerang-kerang nan cantik dan unik yang ada dipinggir pantai. Dan masih banyak lagi aktivitas yang bisa dilakukan dipantai. Kegiatan lainnya ialah mengelilingi pulau dengan berjalan kaki. Keindahan alam di Pulau Sikuai ini akan membuat anda takjub dan memberikan pengalaman baru yang berbeda karena anda akan menemukan berbagai binatang khas di Pulau ini, seperti Buaya, Monyet, berbagai jenis burung serta ungags lainnya.

Dan masih banyak lagi objek pariwisata yang bisa anda kunjungi di kota padang seperti air terjun 3 tingkat, panorama bukit lampu, Pemandian lubuak paraku, Pemandian lubuak tampuruang, dll. bagi anda yang berada di luar kota semoga ini bisa menjadi referensi anda untuk mengunjungi pariwisata yang ada di kota padang.

Perhatian..!!!
Untuk pemesanan tiket pesawat melalui syukmagroups.com

Silahkan hubungi:
- 085263107740(telkomsel)
- 085835017740 (indosat)

Pembayaran:

BCA No Rek. 0611-868-161 a.n Syukma Nengsih
BRI No Rek. 0058-01-073916-500 a.n Syukma Nengsih

Kode booking akan kami kirim via SMS atau Email

Syukron, jazakumullahu khairan...

Komentar

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Objek Wisata di Kota Padang.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Pariwisata

    BalasHapus

Posting Komentar

Afwan, Jangan pernah menyertakan link hidup pada komentar atau komentar anda tidak akan dimunculkan... syukron

Postingan populer dari blog ini

Alamat Kantor Cabang Dan Perwakilan Lion Air di Kota Anda

Untuk mengetahui kantor cabang dan perwakilan lion air di kota-kota terdekat atau kota tujuan anda, berikut Syukma Groups sajikan kepada anda alamat kantor perwakilan dan cabang lion air di kota-kota indonesia dan luar negeri dilengkapi dengan nomor telepon dan jam operasi agar mudah untuk dihubungi. Silahkan lihat wilayah atau kota yang menjadi tujuan anda dibawah ini.

Nomor Call Center Lion Air
(+6280) 4177 8899
(+6221) 6379 8000
(+65) 6339 1922 (Singapura)
(+60) 03-7841 5333 (Malaysia)

Layanan Pelanggan
Telepon: (+6221) 633 8345
Fax : (+6221) 633 5669
Email: customercare@lionair.co.id

Ketentuan Umum
info@lionair.co.id

=====================================================

AMBON
Kantor Penjualan Tiket
Jl. Dr. Leimena Bandara Pattimura
Telepon (+62) 0911 351 531, (+62) 0911 351 532
Fax (+62) 0911 341 172
Jam Operasi Monday- Friday 8.30AM - 05.00PM, Saturday - Sunday 08.30AM - 02.00 PM

BANDA ACEH
Kantor Penjualan Tiket
Bandara Sultan Iskandar Muda, Balik Papan
Telepon (+62) 0651 638 888

Tabel Alamat Dan Nomor Telepon Kantor Maskapai Garuda Indonesia Di Kota Anda (Lengkap)

NoKantor PusatAlamatGaruda IndonesiaJl. M1. Area Perkantoran Gedung Garuda City Center, Soekarno-Hatta Internasional Airport Cengkareng 19120-Indonesia P.O.Box 1004
NoNama KotaTeleponAlamat1Ambon(62-911) 355796The Orchid Hotel, Lt Dasar, Jl. Raya Pattimura No. 5(62-911) 322999Pattimura Airport, Jl. Dr. Leimana Laha, Ambon2Balikpapan(62-542) 422300/1Komplek Balikpapan Permai, Blok H 1, No. 23–24(62-542) 766844/76886-852Sepinggan International Airport, Jl. Marsma R. Iswahyudi3Banda Aceh(62-651) 51419Sultan Iskandar Muda Airport(62-651) 33666Jl. Teuku Imum Lueng Bata No. 78, Banda Aceh4Bandung(62-22) 4209468/4217747Gd. Annex, Graha Bumiputera, Jl. Asia Afrika No. 141–149(62-22) 6047182Husein Sastranegara Airport, Jl. Pajajaran No. 156, Bandung(62-231) 238811Hotel Grand Tryas, Jl. Tentara Pelajar No. 103-107, Cirebon5Banjarmasin(62-511) 470 5277 Ext. 610Syamsudin Noor Airport(62-511) 3366747/58747Jl. MH Hasanuddin No. 316Batam(62-778) 6000737 Ext. 104I-Hotel Jl. Teuku Umar, Bukit Nagoya(62…

Cetak Sendiri Tiket Booking Lion Air Anda Secara Online

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Pada umumnya anda mencetak tiket pesawat melalui login ke web agent lion (login khusus untuk agent, bukan web umumnya). Nah, jika anda membeli tiket via online atau jauh dari agen, anda bisa mencetak tiket Lion Air sendiri secara online. caranya:

Pertama yang dibutuhkan adalah:
Kode Booking lion air tersebutTanggal PenerbanganNama Penumpang (cukup nama belakang)Kode Penerbangan (optional, tidak wajib) Berikut ini ringkasan langkah-langkah mencetak tiket:
Buka Website Lion Air dan klik Menu Bookings | Retrieve Booking Masukkan Kode Booking, Nama Penumpang (bisa terbalik antara Nama Depan dan Nama Belakang asalkan ejaannya benar), dan Tanggal Penerbangan. Kode Penerbangan (JT sekian-sekian) tidak perlu dimasukkan. Klik Retrieve(tampilkan).Setelah muncul informasi tiket, klik tombol Print di halaman web. Pastikan tidak ada pop-up blocker di browser Anda.Selanjutnya akan muncul file Tiket versi PDF, silahkan cetak dan/atau simpan file tersebut.
Berikut langkah-la…

Cara Transfer Pulsa Sesama Indosat (Mentari, IM3, dan Matrix

Anda pengguna kartu indosat (matrix, mentari, im3, starone) harus tahu bagaimana caranya transfer pulsa ke sesama pengguna kartu grup indosat. Bagi anda yang lupa atau belum tahu sama sekali tentang bagaimana cara transfer pulsa sesama Indosat (Mentari/IM3/matrix) simak penjelasan berikut:

Transfer Pulsa Lebih bebas dan bisa nambah Masa Aktif

Transfer pulsa baru adalah pengembangan dari transfer pulsa sebelumnya karena selain jumlah pulsa yang dapat ditransfer yang semakin variatif juga bisa menambah masa aktif penerima.

Dengan Layanan Transfer Pulsa maka kita bisa membantu teman, keluarga maupun kerabat yang mengalami kehabisan pulsa. Mulai 5 Maret 2009, kirim pulsa antar nomor Indosat sekarang semakin fleksibel dan yang pasti menguntungkan karena Transfer pulsa kini tersedia juga untuk Matrix Auto.

Caranya sangat mudah:
Via SMS:
Ketik: TRANSFERPULSA<spasi>nomor tujuan<spasi>nominal pulsa
Kirim ke 151
Contoh: TRANSFERPULSA 085835017740 5000, kemudian kirim ke 151
(Untuk bia…

Pembayaran tiket Citilink melalui ATM Mandiri dan Internet Banking Mandiri

Pembayaran tiket Citilink melalui ATM Mandiri dan Internet Banking Mandiri
Berikut merupakan langkah-langkah pembayaran yang dapat dilakukan oleh Citilinkers:

ATM

1. Masukkan kartu ATM
2. Kemudian pilih BAHASA INDONESIA
3. Ketik nomor PIN kartu ATM, kemudian tekan ENTER
4. Pilih menu BAYAR/BELI
5. Pilih menu LAINNYA
6. Pilih menu LAINNYA
7. Pilih menu MULTI PAYMENT
8. Klik DAFTAR KODE untuk mencari kode CITILINK TICKET, yaitu 53001
9. Ketik Kode Perusahaan/Institusi, yaitu ”53001” “CITILINK TICKET”, tekan
BENAR
10.Ketik KODE BAYAR, kemudian tekan BENAR
11.Muncul rincian pembayaran. Pilih Nomor 1, kemudian tekan YA
12.Muncul konfirmasi pembayaran. Tekan YA untuk melakukan pembayaran.
13.Bukti Pembayaran dalam bentuk STRUK agar disimpan sebagai bukti
pembayaran yang sah dari Bank Mandiri.

Internet Banking

1. Klik Website www.bankmandiri.co.id
2. Klik Log In pada Mandiri Internet Personal
3. Masukkan UserId dan Password
4. Pilih menu BAYAR
5. Pilih menu MULTI PAYMENT
6. Pilih Nomor Rekeni…